Jumat, 23 September 2011

SEHAT MUTLAK HAK SAYA


Hari ini mendapat kabar kalau ada tetangga yang sakit ,sakitnya dadakan pula ,yang satu tetangga saya seorang wanita muda yang berumur sekitar 20 tahun ,tanda-tanda awalnya kaki bengkak ,namun belum terlalu diperhatikan ,mungkin ntar bengkaknya juga hilang ,lama-kelamaan bengkaknya bukannya ilang ,malah sakitnya merambah kebibir ,jadi pucat ,setelah mencoba berobat sama orang pinter yang ada dikampung ,katanya ga apa-apa ini ,tapi setelah dicek kedokter  ternyata si wanita muda ini didiagnosa ginjalnya bermasalah,.sementara tetangga saya yang satu lagi seorang wanita paruh baya ,gejala awalnya muntah-muntah seperti wanita yang sedang mengandung ,tapi tak lama setelah itu ia pingsan ,tak sadarkan diri ,lalu dibawa kerumah sakit dan ia menderita darah tinggi ( hipertensi )..


Melihat  kedua peristiwa  tersebut saat ini penyakit itu tak pandang tua ,muda ,besar ,kecil ,gemuk ,kurus ,pria ,wanita ,semua akan didatanginya tanpa pilih-pilih .


Kadang saya berpikir “ koq bisa ya ,dia yang bugar tiba-tiba terkena serangan jantung? “ ,ya tiba-tiba ,tapi apa iya tiba-tiba ,saya pernah baca sebuah artikel yang bunyinya “ kalau semua yang datang kedalam kehidupan kita ntah itu sakit, kematian , keberhasilan, kegagalan semua adalah tanda-tanda kehidupan ,sebenarnya ia tak datang tiba-tiba melainkan selalu memberikan sinyal atau pertanda terlebih dahulu ,ini soal peka atau tidak terhadap tanda-tanda kehidupan itu “ kalau mau baca buku bagus tentang tanda-tanda kehidupan itu nih rekomendasi saya bukunya mas Andre Raditya “ life signs “.


Untuk sehat sebenarnya mudah ga mahal ,cuman dibutuhkan komitmen untuk mau menjalankannya sepanjang hidup ,perbanyak makan buah dan sayur ( yang masih segar ya ,terkadang yang dijual disupermarketpun udah banyak bercampur dengan zat kimia ) ,perbanyak minum air putih dan rutin berolahraga .


Saya selalu memperhatikan sekeliling saya ,banyak para orang tua yang mengeluhkan anak-anaknya yang tidak suka makan sayuran ,maunya jajan terus ,ketagihan mie instan ,lebih suka makan-makanan cepat saji ,pokoknya kalau ga makan ayam ,ada yang sampai mogok makan ( kecil-kecil sudah mogok makan,gimana besarnya ya? ) kata salah seorang tetangga saya yang punya dua orang anak yang masih kecil-kecil .kalau pengalaman saya dulu sih, saya kan termasuk anak yang susah makan ,ibu saya membuatkan jamu-jamuan ,lalu dicekoki lah saya ,dijejeli mulut saya ,ga peduli saya nangis ,pokoknya sampai jamu-jamuan itu benar-benar masuk kedalam perut saya ,ternyata terbukti benar setelah saya dicekoki ,saya jadi gak susah makan ,dikasih menu makan apa aja ,saya hajar  ^_^.


Banyak sumber-sumber makanan yang penuh gizi namun kurang diminati seperti daun pepaya ,kembang turi ,sambiroto dan masih banyak lagi ,yang jelas semua yang saya sebutkan tadi pahit ,ya pantes kurang diminati mending makan pop ice ,makan ayam goreng ( lebih syedaapp ).


Mulut adalah sumber kesehatan sekaligus sumber penyakit ,jadinya mesti pandai memilah-milah mana yang harus dikonsumsi ,ga maen hajar saja..


Tubuh sebagian besarnya mengandung air ,jadi jelas-jelas anda butuh air untuk melakukan aktivitas ,kurang cairan berakibat badan loyo dan lemes ,muka ga fresh ,seperti saran para ahli gizi bahwa kita harus mengkonsumsi air minimal 8 gelas sehari dan yang paling baik adalah air putih ,selalu sediakan air putih disetiap kita melakukan aktivitas .salah seorang wanita paruh baya ( lebihkurang berumur 60an tahun ) tetangga saya adalah contoh yang baik bagi saya ,dimana ia adalah seorang penjahit ,sekaligus buka jualan kecil-kecilan dirumahnya ,setiap pagi ia selalu berbelanja kebutuhan untuk kedainya dengan menaiki motornya sendiri ,dimana barang-barang belanjaannya diletakkan dalam keranjang dibelakang motor ,orang tua yang luar biasa pikir saya ,dan dia pernah bilang begini ke ibu saya, berbagi pengalaman ( nak ibuk itu badannya dari dulu sampai sekarang ya segini-gini aja ,tapi Alhamdulillah ga ada penyakit ,kemarin pas mau naik haji ,kan dilakukan medical check up ,tubuh ibuk bersih nak tak terdeteksi sedikitpun gejala penyakit nak ,dari dulu ibuk itu minumnya cuman air putih jarang minum-minuman yang manis ,terus ibu makannya sayur-sayuran segar dari kebun sendiri ,sampai saat ini ibuk masih kuat beraktivitas kemana-mana nak ) ,saya salut pada ibu itu .


Ya sehat itu murah ,ga mahal cuman dibutuhkan komitmen untuk mau menjalankannya sepanjang waktu ,sama halnya dengan olahraga ,untuk sehat hanya dibutuhkan rutin berjalan kaki minimal 40 menit sehari ,ya itu adalah akumulasi ,mulai dari pagi 10 menit ,siang 10 menit ,sore 15 menit ,malam 5 menit ,manfaat jalan kaki sendiri luar biasa ,saya mengutip dari buku “ life lessons “ .. jalan kaki memberikan manfaat memulihkan otak ,menyegarkan suasana hati dan membantu mengusir depresi serta memungkinkan kita terhubung secara lebih erat dengan sisi spiritual diri dan dengan orang-orang terkasih kita .


Saya selalu  mencoba merutinkan diri untuk selalu berolahraga disore hari dengan jogging ,saya selalu melihat teman-teman dari etnis Tionghoa begitu antusiasnya berolahraga tua ,muda ,pria wanita mulai dari sekedar jalan kaki ,jogging , sampai senam Taichi .sudah seharusnya kita menyadari bahwa sehat adalah hak saya ,dengan kesehatan kita bisa melakukan dan menggapai apapun. Ingat 5 sebelum yang 5 , muda sebelum tuamu ,kaya sebelum miskinmu ,senggang sebelum sempitmu ,sehat sebelum sakitmu ,dan hidup sebelum matimu .


Sebelum semuanya merenggut dari diri kita ,sehat adalah hak saya ,mutlak harus diperjuangkan ,dan saya akhiri tulisan saya dengan kutipan ini :


  nikmatilah tubuhmu ,manfaatkan sebisa mungkin ,jangan merasa takut terhadapnya atau terhadap perkataan orang tentangnya ,tubuhmu adalah instrumen  milikmu yang tercanggih
- Kurt Vonnegut





Tanjungpinang ,23 September 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar